Intermezzo

Iklan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2012

Pernah melihat dan mendengar sebuah iklan di beberapa stasiun televisi nasional, iklan tersebut bertepatan dengan momen memperingati hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2012. Iklan tersebut dikeluarkan atau yang menyampaikannya adalah salah seorang politisi senayan dan pengurus salah satu partai politik besar di indonesia. Isi iklannya saya rangkum kurang lebih seperti ini:

Pemuda jaman dahulu, berjuang dengan tenaga dan pikiran untuk mencapai merdeka.

Pemuda sekarang berjuang dengan karya.

Dari kata-kata itu timbul pertanyaan yang cukup menggelitik, “kalau pemuda jaman dulu berjuang untuk merdeka, pemuda sekarang berjuang dengan karya, nah pemuda jaman bapak berjuang dengan apa dan untuk apa???

Dengan mencermin dan mengamati kejadian-kejadian di senayan yang dilakukan oleh elit politik kita, saya jawab saja “Bapak berjuang dengan teman dan kelompok untuk kepentingan kelompok dan atas nama kepentingan rakyat yang semu“.

Spontanitas kalimat yang keluar begitu saja mungkin disebabkan karena rasa kecewa saya sebagai rakyat yang melihat para wakil rakyat yang bicara atas nama rakyat tapi malah lebih mementingkan kelompok dan diri sendiri. Politisi yang memberi harapan semu yang hanya sekedar untuk menarik simpati dalam pemilu dan apa yang dilakukan setelah terpilih? Rakyat kecewa, politisi yang mereka anggap dapat menjadi penyambung lidah aspirasi rakyat malah tidak memperhatikan rakyatnya dan yang lebih parah ia terlibat kasus KORUPSI.

Iklan

Pages: 1 2

%d blogger menyukai ini: