Kurikulum Baru Untuk SD


Disadur dari metrotvnews.com bahwa Pemerintah merencanakan enam mata pelajaran wajib Sekolah Dasar (SD) yaitu Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), Bahasa Indonesia, Matematika, Seni Budaya, serta Olahraga dan Kesehatan. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Sosial (IPS) dimasukkan dalam mata pelajaran lain.

Rencana itu sebagai bagian upaya pemerintah merumuskan kurikulum baru bagi siswa SD. Pemerintah juga menjadikan Bahasa Inggris sebagai muatan lokal di tiap sekolah.

Namun pembahasan itu masih dalam tahap perumusan serta pematangan di tim internal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Tim juga menyiapkan konsep desain, proses, evaluasi, guru, dan buku penunjang pendidikan.

Tim mengajukan konsep itu kepada Wakil Presiden Boediono pada awal November 2012. Kemudian, kondep diujicoba pada akhir November. Hasil final akan diterapkan pada tahun ajaran baru 2013-2014.

Perampingan dan penyesuaian ini memberi dampak positif bagi siswa-siswi SD, dimana beban belajar meraka menjadi berkurang dan sejak dini siswa sudah mulai diarahkan untuk memfokuskan diri pada satu objek tertentu. Penyesuaian bahasa inggris menjadi muatan lokal penulis berpendapat bahwa hal tersebut sudah tepat, dimana pelajaran bahasa inggris disesuaikan dengan tingkat sosial, letak demografi dimana siswa berada. Toh dengan dengan adanya pelajaran bahasa inggris tidak serta merta menjadikan siswa fasih berbahasa inggris. Kenapa tidak alokasi waktu untuk bahasa inggris diisi dengan pelajaran yang berbasis kearifan lokal. Dengan begitu siswa akan mampu dan tahu ini lho budaya saya, saya bisa, dan saya merasa bangga. Tentu hal tersebut akan lebih berarti bagi perkembangan siswa.

Satu hal yang perlu jadi perhatian pemerintah adalah tentang sarana dan prasarana sekolah serta tenaga pengajar disekolah. Karena bagaimanapun sempurnanya kurikulum tidak akan berarti jikalau implementasi dari semua itu tidak sempurna dikarenakan satu atau dua hal tadi.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: